Ads 468x60px

Selasa, 03 Maret 2015

 

Manakah Yang Lebih Baik? Asuransi Tradisional atau Unit Link?



Mungkin selama ini banyak orang yang bingung apa bedanya asuransi tradisional dan asuransi unit link.
Perbedaannya sangat jelas. Pada asuransi tradisional, premi yang Anda bayarkan tidak akan kembali atau dengan kata lain hangus. Sedangkan pada asuransi unit link, premi yang dibayarkan sudah mencakup investasi, sehingga setelah melewati suatu periode tertentu, hasil investasi itu bisa ditarik kembali.
Pertanyaan yang muncul kemudian adalah : Mana yang lebih baik apakah asuransi tradisional atau unit link?

Jawaban dari pertanyaan itu tentu tergantung dari kebutuhan nasabah itu sendiri. Asuransi tradisional umumnya memiliki premi yang lebih murah dibanding unit link, namun dalam jangka panjang preminya akan semakin mahal seiring dengan bertambahnya usia. Bisa saja mengambil premi tetap (fix) selama jangka waktu tertentu misalnya 20 tahun namun perlu diingat bahwa premi tetap (fix) itu sudah memperhitungkan besaran premi sampai 20 tahun kedepan dan dibagi secara proporsional sehingga jatuhnya tetap menjadi lebih mahal.


Sedangkan unit link preminya lebih mahal daripada premi asuransi tradisional namun setelah membayar premi selama jangka waktu tertentu (misalnya 10 tahun), nasabah bisa dibebaskan dari kewajiban membayar premi lagi, dan polis akan tetap berlaku selamanya sampai meninggal meskipun nasabah sudah tidak membayar premi lagi. Ini tentu beda dengan asuransi tradisional dimana premi harus dibayar seumur hidup sampai meninggal.

0 komentar:

Posting Komentar