Ads 468x60px

Selasa, 03 Maret 2015

Mengapa Orang Berduit Juga Harus Pintar Membuat Rencana Keuangan
 

Berapakah Penghasilan Bulanan Anda? Berapakah Pengeluaran Perbulan Anda?
Katakanlah penghasilan Anda adalah sebesar pengeluaran Anda per bulan yaitu Rp 25 juta perbulan.
Itu untuk membiayai semua kebutuhan Anda mulai dari makan, minum, pendidikan anak, listrik, air, fitness, entertainment, pakaian, sepatu, dasi, jaket, pulsa, gadget, tv kabel, internet, laundry, sabun, kosmetik, dan lain sebagainya.
Anda adalah mesin uang utama bagi keluarga Anda yang artinya seluruh keluarga Anda mulai dari istri, anak, dan orang tua bergantung dari penghasilan Anda sebagai kepala keluarga.
Istri hanya sebagai berperan sebagai ibu rumah tangga, dan anak masih belum bekerja karena masih kecil. Praktis, Anda adalah tumpuan utama bagi keluarga Anda.

Bagaimana jika seandainya, Anda mengalami kecelakaan lalu meninggal atau mengalami sakit kritis, tidak bisa bekerja lagi dan perusahaan terpaksa harus memberhentikan Anda. Apakah Anda punya penghasilan lain selain dari pekerjaan Anda?
Jika tidak hal ini akan benar-benar membahayakan kelangsungan kehidupan keluarga Anda. Kepada siapa lagi mereka harus bergantung?

Sebenarnya hal seperti ini bukan tidak ada solusinya sama sekali. Dalam hidup kita selalu harus memiliki plan B pada saat plan A tidak berjalan semestinya.

Katakanlah pengeluaran perbulan Anda adalah sebesar 25 juta perbulan. Berapa jumlah yang harus ditabung agar Anda bisa mendapatkan bunga sebesar 25 juta perbulan saat ini?

Per 14 Oktober 2014, bunga deposito paling tinggi dari semua bank adalah 7.9% pertahun. Jadi jika Anda ingin mendapatkan bunga sebesar 25 juta perbulan maka Anda harus punya tabungan sebesar Rp 3.846.153.846,- (hasil dari perhitungan Rp 25.000.000 dibagi 0.079/12=0.0065)
Ini artinya untuk mempertahankan pendapatan sebanyak 25 juta perbulan Anda harus punya tabungan minimal 3.8 Milyar di deposito.

Jadi Plan B yang seharusnya Anda miliki adalah membeli asuransi dengan pertanggungan jiwa sebesar paling tidak 4 Milyar untuk kematian, karena jika tertanggung utama meninggal dunia, pihak ahli waris yang dalam hal ini adalah pihak keluarga akan menerima santunan 4 Milyar ditambah hasil investasi yang bisa dimasukkan dalam deposito untuk menikmati bunga 25 juta setiap bulannya.
Berapakah premi yang harus dibayar tiap bulannya untuk mendapatkan pertanggungan sebesar 4 Milyar tersebut? Itu tergantung usia. Jika Anda berusia 30 tahun, maka untuk mendapatkan uang pertanggungan sebesar 4 Milyar, jumlah premi yang harus dibayarkan adalah kurang lebih sebesar 2.4 juta tiap bulannya.
Dengan penghasilan yang sebesar 25 juta perbulan, untuk membayar premi sebesar 2.4 juta harusnya tidak terlalu berat bukan? Dan lagi 2.4 juta itu tidak semuanya hangus melainkan diinvestasikan lagi dan bisa berkembang lagi sehingga dengan demikian Anda tidak rugi sama sekali.

Dunia yang kita tinggali ini penuh dengan ketidakpastian. Namun kita bisa berencana untuk mengurangi efek negatif dari ketidakpastian itu. Mungkin selama ini kita hanya memikirkan tentang kejadian hari ini, apa yang kita miliki saat ini. Namun hidup di dunia ini tidak serta merta tentang diri kita sendiri. Saat kita pergi, akan ada orang yang kehilangan, yaitu keluarga. Akan ada orang yang mengalami kesulitan keuangan, yaitu keluarga. Saat kita berhenti hidup, keluarga kita perlu untuk melanjutkan hidup, maka dari itu jika kita terpaksa harus pamit, setidaknya kita meninggalkan warisan untuk keluarga yang kita sayangi.

Sudahkah Anda memikirkan hal ini?
Bukalah mata dan pikiran Anda. Apa hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk hari ini dan masa yang akan datang?
Apakah Anda sudah punya asuransi?

Silahkan hubungi saya jika Anda menginginkan informasi lebih lanjut mengenai produk dari Panindai-ichi Life

0 komentar:

Posting Komentar